Kantor Regentschapsraad Garoet (1932)

Regentschapsraad adalah dewan perwakilan semu di tingkat kabupaten di jaman kolonial Hindia Belanda. Di kaboepaten Garoet, Regentschapsraad diresmikan pada tahun 1926. Saat pertama pembentukan Regentschapsraad itu, Abdoel Moeis yang tinggal di Garoet sebagai seorang interneeran, dipilih menjadi salah satu anggotanya (lihat Mencari Jalan Abdoel Moeis di Garut…). Pada awalnya, sidang-sidang Regentschapsraad dilaksanakan di Pendopo.

RR Garoet04

Suasana rapat pertama Regentschapsraad Garoet. (Judul foto: Eerste vergadering van de regentschapsraad van Garoet, Tahun: 1926, Sumber: KITLV)

Nah, pada tahun 1932, Regentschapsraad punya gedung baru. Sekarang gedung tersebut digunakan oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Garut, yang berlokasi di Jalan Kiansantang. Tampak konstruksinya belum banyak berubah sampai sekarang…

view 38

Nieuw Regentschapsraadhuis te Garoet.

Gedung ini dipandang cukup bagus dan rapi tata ruangnya. Walaupun disebut sebagai Regentschapsraadhuis, tetapi beberapa dinas juga berkantor di sana. Dalam majalah Locale Techniek, Tahun 1, No. 1/2 Jan./April 1932, disebutkan:

Letaknja kantor ini diblakang Kaboepaten dan roepanja ada tjantik. Pandjangnja ada 39 meter dan lebarnja 19 meter. Bagaian jang sebelah kiri dipakai oleh Technische Dienst dan bagaian jang sebelah kanan oleh Secretarie. Selain dari pada itoe ada kamar2 jang tersendiri bagi rooiwezen, waterleiding, pasarwezen, comptabiliteit, peroesahaan pemotongan dan archief. Selandjoetnja misih ada soeatoe zaal jang besarnja 12X8 meter, jang sanget rapi teratoernja boeat tempat vergadering2 dari Raad. Besarnja kamar2 bagi directeur dan secretaris masing2 ada 5X4½  meter.

Jadi, selain digunakan untuk rapat-rapat (vergaderingRegentschapsraad, bagian kiri gedung digunakan oleh urusan pengawasan bangunan (rooiwezen), urusan tata air (waterleiding), urusan pasar (pasarwezen), urusan perbendaharaan (comptabiliteit), urusan peroesahaan pemotongan (slachtbedrijf) dan arsip (archief).

Disebutkan pula, gedung ini dibangun dengan dana pinjaman dari dana pensiun pegawai bangsa Eropa (Pensioenfonds voor Europeesche Landsdienaren) sebesar 30 ribu gulden. Dan yang membangun adalah pegawai Regentschap sendiri…

Kantor Regentschap baroe, jang sekarang soedah diboeka, ada didirikan dengan belandja sedjomblah f 30.000,- jang terdapet dari oeang pindjeman pada “Pensioenfonds voor Europeesche Landsdienaren” (fonds pensioen bagi pegawai2 negeri bangsa Eropah). Pekerdjaan itoe dikerdjakan oleh pegawai Regentschap sendiri, dibawah pengawasan jang tjakap dan seorang anggauta Raad, pensioenan kolonel, toean Helb.

***

Entah sampai kapan gedung itu bisa bertahan…

[M.S]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s