Sarung tjap Padi (1954)

Foto seri iklan jadoel kali ini punya tajuk: Reclameplaat voor de Preanger Bontweverij te Garut. Kira-kira: papan atau plat reklame Preanger Bontweverij Garut. Foto koleksi Nationaal Museum van Wereldculturen (NMVW) Belanda ini tercatat berasal dari tahun 1954.

Preanger Bontweverij (PBW) Garut merupakan pabrik tenun terbesar pada jamannya. Berdiri sejak tahun 1930an, pabrik ini kemudian dikenal juga sebagai Paberik Tenun Garut (PTG). Produknya yang paling tersohor adalah sarung tjap Padi. Tapi sebelum itu, PBW merupakan pemasok kain katoen untuk bahan seragam pasukan KNIL. Tentang catatan kejayaan PBW atau PTG ini bisa dibaca dalam Empat Kisah dari Jaman Kejayaan Pabrik Tenun Garut.

TM-2384-26z

Iklan jadoel yang kita punya ini adalah salah satu peninggalan dari masa keemasan PTG. Plat reklame ini terbuat dari timah yang dicetak buatan Nimef, Malang. Pada bagian belakang, plat ini diperkuat dengan lapisan tembaga.

“Sarung Pelekat tjap Padi”.
“Ditanggung Tida Luntur”

Perhatikan tulisan “Preanger Bontweverij” yang ditulis kecil-kecil saja dibanding tulisan “Paberik Tenun Garut“. Mungkin, sesudah masa kemerdekaan, brand Paberik Tenun Garut lebih menjual daripada nama-nama berbau penjajah…

Sekarang, semua tinggal kenangan…

[M.S]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s