KNIL Urang Garoet

Naratas Garoet pernah mengungkap tentang seragam KNIL (tentara Hindia Belanda) yang ternyata dibuat di Preanger Bontweverij atau yang kemudian dikenal sebagai Pabrik Tenun Garut (PTG). Malah, jenis kain yang digunakan untuk seragam KNIL itu disebut sebagai kain katun ‘Garoet’ (Lihat: Seragam KNIL Made In Garoet).

Nah, selain kain seragamnya asal Garoet, ternyata tercatat pula beberapa orang kelahiran Garoet yang menjadi tentara KNIL. Sebagian berdarah Eropa, mungkin juga ada yang campuran (sinyo), sebagian lainnya benar-benar asli pribumi Garoet. Dalam catatan ‘Oorlogs Graven Stichting‘, sebuah yayasan untuk mengenang korban perang, misalnya, ada seorang bernama Emen bin Hambali.

emen-bin-hambali2005

Emen bin Hambali, nama yang terdengar tak asing ini, terlahir di Garoet tahun 1909. Meninggal pada tanggal 31 Desember 1947, entah dimana. Yang jelas, jika melihat tahunnya, ia meninggal dalam peperangan di era aksi militer Belanda di tahun 1947. Ia seorang infanteri KNIL berpangkat Sld.tkI. Jenazah Emen bin Hambali dikuburkan di Pandu Ereveld Bandung, di blok VII No. 65. Jajaran nisan di blok itu tak berupa salib, berbeda dengan tentara KNIL dari etnis lain atau yang berdarah Eropa. KNIL banyak merekrut pribumi, terutama dari Ambon. Doeloe, mereka seringkali diejek sebagai “walanda hideung”. Ada sejumlah nama lain KNIL asal Garoet yang dikuburkan di beberapa kerkhof yang berbeda. Pada kesempatan lain, Naratas Garoet akan mengungkapkannya untuk anda.

***

Perang selalu memakan korban, kawan ataupun musuh. Dan setelah waktu memberi jarak dalam sejarah, walau fakta harus diungkap, penilaian yang serba hitam putih tak lagi mengena untuk korban-korban itu. Do’a-do’a untuk perdamaian jelas lebih berguna daripada mengutuk masa lalu…

[M.S]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s