Khoe Pek Goan (Anno 1885)

Ini dia, makanan sarapan (orang Belanda menyebutnya ‘onbijt’) legendaris dari Garoet, roti bagelen “Khoe Pek Goan”. Tertulis pada bungkusnya yang bergaya klasik itu ‘anno 1885’, yang berarti ‘(sejak) tahun 1885’!

bagelen-2a

DSC_0039

Bayangkan, berdiri tahun 1885, anggap saja ini benar, itu berarti jalur kereta api pun barulah sampai di Tjibatoe, belum masuk Garoet. Dan itu saat-saat baru mulai dibangunnya banyak perkebunan di sekitar kota Garoet. Untuk diketahui, orang-orang swasta asing, termasuk orang Eropa dan Tionghoa, barulah bisa bebas masuk ke daerah Jawa Barat bagian timur, termasuk Garoet, mulai tahun 1870an, pasca dihentikannya Preangerstelsel/Cultuurstelsel.

Kisah ‘Khoe Pek Goan’ mungkin tidak serenyah roti bagelen produksinya. Sampai dengan tahun 1990an, roti Khoe Pek Goan sepertinya masih menjadi favorit orang Garut, bersama roti ‘Abadi’. Dan pada masa jayanya, roti ini dikabarkan sampai pula di luar negeri sana. Tapi, lihat saja sekarang, toko itu tampak lusuh, seolah tak berdaya melawan pabrikan roti yang lebih modern dan bermodal kuat.

DSC_0037a

***

Dan ini iklan pabrik roti Khoe Pek Goan tempo doeloe, yang dimuat dalam koran Algemeen Indisch dagblad (AID) de Preangerbode. Gambar pertama tanggal 28-08-1953 dan gambar kedua tanggal 17-12-1953.

de Preangerbode 28-08-1953

de Preangerbode 17-12-1953

Dengan memasang iklan pada koran berbahasa Belanda ini kita dapat mengetahui pelanggan yang disasar Pek Goan ini. Pada tahun 1953 itu, setidaknya Pek Goan punya dua cabang (depot) di Bandung: di Dj. Lengkong Ketjil 42 dan Dj. Raya Barat 24. Cabang di Djl Raya Barat ini (Jalan Sudirman Bandung sekarang?) akan dibuka pada tanggal 18 Desember 1953. Dan (sampai sekarang) angka tahun 1885 rupanya jadi jualan atau brand Khoe Pek Goan sebagai pabrik roti yang berpengalaman, sedjak 1885. Tampak pada kepala iklan itu, tertulis: Bakkers Sinds 1885!

[M.S]

Advertisements

One thought on “Khoe Pek Goan (Anno 1885)

  1. Pingback: Tjan Tian Soe | Naratas Garoet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s