Termesso: Anti-Rayap dari Garoet

Ada sebuah foto dari Tropenmuseum koleksi Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen, yang memperlihatkan suasana stand yang memamerkan produk dagangannya pada senuah acara pameran. Foto yang diambil antara tahun 1920-1926 ini berjudul: Stand van “Handelmaatschappij Termesso” uit Garoet, met bestrijdingsmiddelen tegen witte mieren, op de Jaarbeurs in Bandoeng, yang kira-kira berarti stand Perusahaan Dagang Termesso dari Garoet, dengan produk bubuk anti-rayap (“semut-putih”), pada ‘Jaarbeurs’ di Bandoeng.

TM-60004573 Termesso

Jaarbeurs sendiri adalah pameran dagang tahunan di Bandoeng. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1920. Pameran berlangsung di gedung “Jaarbeurs” yang sekarang digunakan sebagai markas Kodiklat TNI-AD di jalan Aceh Bandung, yang merupakan hasil karya Wolff Schoemaker. Jaarbeurs dapat disebut sebagai salah satu pameran terbesar di masa kolonial doeloe, tapi Naratas Garoet lebih tertarik untuk menelusuri “Handelmaatschappij Termesso”.

***

Dari sedikit sumber, memang Naratas Garoet sementara ini belum sepenuhnya dapat menguak jejak Handelmaatschappij Termesso. Seperti lokasi pabriknya di mana dan informasi penting lainnya. Tak mengapa, Naratas Garoet kan cuma amatiran…

Jejak pertama Handelmaatschappij Termesso ini diperoleh dari jurnal Indisch Bouwkundig Tijdschrift, edisi Tahun 27, No. 3, Tanggal 15 Februari 1924. Pada edisi ini dimuat artikel, yang sesungguhnya advetorial, berjudul: “Termesso (Anti-White-Ants Powder)”, ang ditulis oleh K. A. R. Maier, seorang Oud-Kapitein satuan Genie. Maier menulis bahwa dia bukan sedang mempromosikan produk Termesso tetapi sedang mendeskripsikan keunggulan Termesso. Hehe..

Indische Bouwkundig

Singkat kata, tulisan Maier memberi informasi tentang fenomena rayap yang merusak bangunan dan perabotan dari kayu dan kegagalan produk pestisida yang beredar di pasaran saat itu. Penggunaan racun, tar, dan sebagainya selain tidak efektif, juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Sementara itu, Termesso, yang berawal dari metode yang dikembangkan di perkebunan karet, membunuh inang rayap sehingga membasmi seluruh koloni rayap. Keunggulan Termesso disebutnya terbukti dari sambutan pasar di Amerika, sehingga pada pameran besar Panama di San-Francisco tahun 1915, Termesso mendapat penghargaan berupa medali emas sebagai produk unggulan.

Pabrik Termesso awalnya berada di Belanda dan Inggris, tetapi perang yang berkecamuk (mungkin Perang Dunia Pertama?) membuat perusahaan Termesso harus memindahkan lokasi produksinya. Pilihannya adalah Garoet, di Hindia Belanda.

Maier berpromosi: “Saya telah menggunakan produk ini dan selalu dengan sukses luar biasa… Bahkan dalam taman bunga saya, produk ini hampir tidak memungkinkan rayap hidup, mereka telah benar-benar menghilang sejak penerapan Termesso…”

***

Entah kebetulan atau tidak, produk Termesso ini disebut juga oleh seorang Genie, malah berpangkat mayor jenderal, C. J. de Bruijn, gep. Generaal-Majoor der Genie. Ia menulis buku “Indische Bouwhygiëne” terbitan Landsdrukkerij, Weltevreden, 1927.

Pada pembahasan mengenai serangan rayap ini, de Bruijn menyebut bahwa sebuah produk yang sangat berguna untuk melawan rayap adalah Termesso, dikenal sebagai “anti-white-ants powder”, yang dipasarkan oleh Handelmaatschappij Termesso di Garut.

***

Pada foto Tropenmuseum di awal tulisan ini, jelas terpampang nama “Handelmaatschappij Termesso” Garoet dan disebutkan “Generaal-agenten voor Nederl. Indie: Jacobson van den Berg & Co”. Ini memberi informasi bahwa pusat perusahaan Termesso memang ada di Garoet dan untuk agen utama di seluruh wilayah Hindia Belanda adalah Jacobson van den Berg & Co.

Nah, jika merujuk pada keberadaan Handelmaatschappij Termesso dan beberapa perusahaan lain yang juga berpusat di Garoet doeloe, apakah memang Garoet dipersiapkan juga sebagai salah satu daerah industri oleh pemerintah Hindia Belanda, selain sebagai destinasi utama wisata? Ini masih jadi pertanyaan…

[M.S]

Advertisements

2 thoughts on “Termesso: Anti-Rayap dari Garoet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s