Katjapi Orkest “Soenda” uit Garoet di Radio NIROM

NIROM (Nederlands Indische Radio Omroep) merupakan badan “setengah resmi” pemerintah Hindia Belanda dalam penyiaran radio. Berbeda dengan studio radio swasta yang ada saat itu (1934), NIROM banyak mendapat fasilitas dari pemerintah. NIROM dapat lisensi dari pemerintah Hindia Belanda untuk menyelenggarakan siaran radio dengan program yang lengkap. NIROM diberikan hak untuk menerima “iuran pendengar” (luister bijdrage) sebesar f 1.50 sebulan untuk setiap pesawat radio. Sementara itu, PTT (badan pelayanan pos, telepon dan telegraf) menyediakan pula saluran telpon khusus (NIROM lijn) untuk menghubungkan pemancar NIROM pusat dengan studio-studio relay di beberapa kota di pulau Jawa. Pasca kemerdekaan, NIROM menjadi cikal bakal Radio Republik Indonesia.

Awalnya, program siaran NIROM dititikberatkan kepada siaran bahasa Belanda, tapi kemudian diperluas dengan programa “ketimuran” yang ditujukan kepada pendengar-pendengar bahasa melayu (maleisch). NIROM dapat menarik orkes dan penyanyi terbaik untuk tampil dalam siaran radionya, tak ketinggalan sebuah ‘orkes’ kecapi dari Garoet, sebagaimana yang tampak pada pemberitaan ‘Radio Programma’s’ di koran Bataviaasch Nieuwsblad tanggal 16 Juni 1938.

Batavia 16061938

Tertulis, agenda siaran NIROM edisi bahasa melayu (maleisch) untuk hari Kamis tanggal 16 Juni 1938: 17.00 Moderne Chineesche muziek- 17.30 Ketopraktooneel- 18.15 Belloni en zijn Orkest- 18.30 Adzan en chasidah- 18.45 Kor’anlezing- 19.00 Zang- 19.15 Lezing over den Islam- 19.45 Persberichten- 20.00 Studio Orkest- 21.00 Katjapi Orkest „Soenda” uit Garoet- 23.30 Sluiting.

Menarik untuk disimak, penyiaran adzan magrib pada media radio yang bersifat publik bukan sesuatu yang terlarang saat itu. Tampak setelah siaran adzan, dilanjutkan dengan qasidah (chasidah), kemudian pelajaran al-Quran (Kor’anlezing), dan pada pukul 19.15 ada pelajaran agama Islam (Lezing over den Islam).

Malam itu, Katjapi Orkest „Soenda” uit Garoet berkumandang selama dua jam setengah, tepat sebelum acara penutupan siaran (Sluiting).

[M.S]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s