Masdjid Istri

Kampung Lio dan sekitarnya tercatat merupakan awal mula berkembangnya gerakan Muhammadiyah di Garoet. Mengutip buku Sejarah Perkembangan Islam di Jawa Barat (Nina H. Lubis, dkk: tt), pendirian cabang Muhammadiyah di Garoet bermula dari diskusi-diskusi yang berlangsung di kalangan jamaah Al-Hidayah, di Jalan Gunung Payung sekarang, sejak awal tahun 1922. Dari sini kemudian lahir gagasan untuk mendirikan cabang Muhammadiyah. Gagasan tersebut dapat diwujudkan pada 30 Maret 1923 seiring dengan pelantikan pengurus Muhammadiyah Cabang Garut oleh K.H. Fakhrudin sebagai utusan Hoofdbestuur Muhammadiyah.

Muhammadyiah

Pengurus Muhammadiyah Cabang Garut Tahun 1925-1927. (Repro. Sumber: Sejarah Perkembangan Islam di Jawa Barat)

Organisasi ini semakin berkembang, hingga kemudian berdiri pula sayap organisasi wanita Muhammadiyah, Aisyiyah. Rupanya Aisyiyah cabang Garoet pun mendapat sambutan warga Garoet. Untuk menampung aktivitas-aktivitasnya, Aisyiyah Garoet mendirikan mesjid khusus wanita, Masdjid Istri. Lokasinya berada di belakang ex Bioskop Cikuray sekarang, di Pengkolan.

Moskee voor vrouwen (Masdjid Istri) in Pengkolan te Garoet 1925 KITLV

Moskee voor vrouwen (Masdjid Istri) in Pengkolan te Garoet, sekitar 1925. Sumber: KITLV

Dalam Fragmenta islamica: studiën over het islamisme in Nederlandsch-Indië (G.F Pijpe: 1934), disebutkan mesjid khusus wanita yang didirikan cabang Aisyiyah Garoet ini merupakan mesjid kedua untuk mesjid yang serupa. Mesjid wanita pertama didirikan Aisyiyah Jogyakarta di daerah Kaoeman (1922/1923), kemudian mesjid yang ketiga ada di Karangkajen, masih di Jogyakarta (1927).

Pijpe mencatat bahwa Masdjid Istri ini bentuknya sangat sederhana, terbuat dari tembok bata, dan terletak di sebuah halaman kecil. Di samping Masdjid Istri ini ada pula bangunan terpisah untuk kaum pria.

Pada Masdjid Istri ini tertera prasasti yang bertuliskan: 1 Februari 1926. Mungkin ini tanggal peresmian? Sebab, berdasarkan dokumentasi foto KITLV, Masdjid Istri ini sudah ada pada sekitar tahun 1925.

Masjid Istri 02a

Prasasti pada Masdjid Istri. (Repro. Sumber: Fragmenta islamica: studiën over het islamisme in Nederlandsch-Indië, 1934)

Dalam artikel berjudul “Architectural Characteristics Study on Community Mosques in Priangan 1900-1942” (Jurnal of Islamic Architecture Volume 2 Issue 4, December 2013), Esti Istiqomah & Bambang Setia Budi melakukan studi terhadap karakteristik mesjid-mesjid lama di Priangan secara arsitektural. Sebagai salah satu mesjid lama, Masdjid Istri dalam kajian itu diidentifikasi karakteristik arsitekturalnya dalam bentuk gambar sebagai berikut:

Architectural-characteristics-study-on-community-mosques-in-priangan-1900-1942a

Untuk keterangan mutakhir, dalam buku Visualisasi Tinggalan Sejarah Islam di Tatar Sunda 1600-1942 (Edisi Priangan) (Dadang Suganda, dkk: tt), dikatakan bahwa bentuk luar Masdjid Istri dan atapnya direnovasi secara total pada 1980-an. Bentuk depan dan atapnya mirip seperti rumah pada umumnya, hanya pada atapnya ada kubah kecil untuk menandakan bangunan itu sebagai Masjid. Bentuk dalam Masjid tidak diubah, masih seperti aslinya. Sejak 1980-an, Masjid ini boleh digunakan oleh kaum pria. Adapun khusus untuk kaum wanita digunakan kegiatan pengajian pada Rabu sore dan Kamis malam, setelah shalat Isya, digunakan untuk ceramah keagamaan.

Mungkin sekarang sudah ada perkembangan baru di lingkungan Masdjid Istri ini. Ada yang mau menambahkan informasinya?

***

Untuk tak sekadar menampilkan fotonya saja, sedikit riwayat tentang Masdjid Istri sudah Naratas Garoet ulas di atas. Seadanya memang. Yang penting, generasi kekinian bisa tahu dan mau menghargai warisan bersejarah ini. Selayaknya Masdjid Istri ini sejak lama ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Tapi, begitulah…

[M.S]

Advertisements

2 thoughts on “Masdjid Istri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s