Observatie Post Goentoer

Dalam Indeks Rawan Bencana tahun 2013, Garut menduduki tempat kedua kabupaten paling rawan se-Indonesia, setelah Ciamis. Malah, pada Indeks tahun 2011, Garut menduduki tempat pertama. Salah satu faktor penyumbang resikonya adalah keberadaan gunung berapi di sekeliling Garut, di antaranya adalah Gunung Guntur.

Gunung Guntur tercatat terakhir meletus pada tahun 1847, setelah pada letusan-letusan sebelumnya banyak menimbulkan korban jiwa. Dahsyatnya letusan Gunung Guntur diabadikan dalam sebuah cerita rakyat yang berkaitan dengan riwayat Ratna Inten Dewata, Ranggalawe, asal mula Tarogong, bahkan Situ Cangkuang.

Sadar akan potensi bahaya letusannya, pemerintah Hindia-Belanda pun mendirikan ‘Observatie Post Goentoer’ (Pos Pengamatan Gn. Guntur), yang berada di Kp. Cukangkawung, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogongkaler sekarang. Menurut kabar, alat-alat canggih pendeteksi sekarang sudah pula ditanam di lereng-lereng Guntur. Tapi aya ku kacida teuing, pada tahun 2013 kabel telepon dan solar panel di pos pengamatan itu pernah dicuri orang-orang yang tak bertanggung jawab,

Berikut gambar dan foto dari ‘Geheugen van Nederland’. Pertama, gambar ‘Uitbarsting van den Goenoeng Agoeng of Goentoer 1839-1844’ (Letusan Goenoeng Agoeng atau Goentoer 1839-1844). Kedua, foto ‘Gebouwen in het landschap; op de achtergrond een berg: Observatie Post Goentoer’ (Sebuah bangunan berlatar sebuah gunung: Pos Pengamatan Goentoer).

Uitbarsting van den Goenong Agoeng of Goentoer 1839 - 1844 geheugen van nederland

Letusan Goenoeng Agoeng atau Goentoer 1839-1844

Gebouwen in het landschap, op de achtergrond een berg. Observatie Post Goentoer

Gebouwen in het landschap, op de achtergrond een berg. Observatie Post Goentoer

[M.S]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s