Jejak Sekilas Pabrik Shampoo Dr. Dralle di Garoet (1920-1927)

Kalau anda punya masalah dengan rambut, mungkin pernah tahu dan menggunakan satu produk shampoo atau tonik rambut dengan brand ‘Birkin’ dari ‘Dr. Dralle’. Ini produk lama, ada sejak pertengahan abad ke-19. Sekarang pemegang brand-nya memang sudah bukan lagi perusahan dari trah Dr. Dralle lagi, tetapi sebuah perusahaan kosmetik multinasional lainnya.

Perusahaan Dr. Dralle doeloe pernah mendirikan pabriknya yang pertama di luar Eropa, di sini, di Garoet. Tapi, seperti biasa, tak banyak informasi yang berhasil dihimpun Naratas Garoet. Mudah-mudahan saja anda bisa menelusurinya lebih lanjut…

***

Pada tahun 1852 Georg Justus George Dralle (1817-1895) membuka toko obat di Hamburg. Pada saat itu, banyak ahli kimia yang membuat sabun dan parfum. Demikian pula Georg George Dralle. Secara bertahap George Dralle memproduksi sabun, parfum dan lainnya. Tahun 1886 anak Dralle, Emil Heinrich Justus (1853-1928) dan Julius Gustav Anton (1854-1930) bergabung dalam manajemen perusahaan. Dua tahun kemudian kantor pusat dipindahkan ke Altona, tempat pabrik sabun sudah didirikan sejak 1876.

Georg Justus Dralle, kebangsaan Jerman, pendiri perusahaan Dr. Dralle, lahir 1 Maret 1817 di Beverungen, meninggal 10 Maret 1895 di Hamburg. (Sumber: wikipedia)

Georg Justus Dralle, kebangsaan Jerman, pendiri perusahaan Dr. Dralle, lahir 1 Maret 1817 di Beverungen, meninggal 10 Maret 1895 di Hamburg. (Sumber: wikipedia)

Pada tahun 1889, sebuah produk dilepaskan ke pasar, produk yang membawa keberhasilan internasional yang besar bagi perusahaan: Birken-Haarwasser (air dari getah birch atau birken/ birkin). Getah birch secara tradisional telah digunakan orang Jerman sebagai tanaman obat. Formulasi air birch George Dralle diklaim berguna untuk pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok dan ketombe. Produk ini juga disebut dapat mengusir kutu rambut. Klaim lain adalah bahwa air ini dapat menyegarkan rambut dan kulit kepala. Produk Birken-Haarwasser dari Dr. Dralle ini mendapatkan popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Säfte der Birken, Kräfte die wirken menjadi tagline dalam iklan produk ini. Satu produk Dr. Dralle lainnya yang dipandang istimewa adalah parfum dengan merek Illusion.

Iklan Dr. Dralle's Berken Haarwater, dalam De Sumatra Post 14 September 1920

Iklan Dr. Dralle’s Berken Haarwater, dalam De Sumatra Post, 14 September 1920.

Iklan Dralle's Illusion, tahun 1910. (Sumber: peterzwaal)

Iklan Dralle’s Illusion, tahun 1910. (Sumber: peterzwaal)

Pada dekade pertama abad kedua puluh George Dralle membuka banyak cabang perusahaan di banyak negara Eropa, termasuk kantor penjualan dan pabrik. Di Belanda, perusahaan Josef Creutz sejak 1908 menjadi importir berbagai produk George Dralle, tetapi pada tahun 1916 perusahaan George Dralle membuka anak perusahaan penjualan sendiri. Kantor penjualan di Amsterdam ini segera ditutup dan digantikan dengan fasilitas produksi di Schiedam, yaitu ‘NV Parfumerieënfabriek Lotus’ (1918).

Perusahaan George Dralle berakhir pada tahun 1991 saat dijual kepada perusahaan kosmetik Perancis L’Oréal. Tetapi L’Oréal masih membawa nama produk perawatan rambut George Dralle yang dipasarkan sampai hari ini, salah satunya, dengan merek Garnier Birkin (di Belanda: Garnier Berken). Maaf, ini bukan iklan…

***

Pada tahun 1920, melalui anak perusahaannya di Belanda, Dr. Dralle mendirikan ‘N.V. Parfumerieën- en Toiletzeepfabriek Georg Dralle’ di Garoet. Perusahaan ini mempersiapkan pendirian pabrik, sampai kemudian mulai produksi pada tahun 1922. Dan pada tahun yang sama, ‘N.V. Parfumerieën- en Toiletzeepfabriek Georg Dralle’ melebarkan sayapnya dengan membuka cabang di Soerabaja. Entah apa pertimbangannya hingga pabrik dan kantor pusat mah didirikan di Garoet, sementara cabangnya di Soerabaja. Tapi yang jelas, pabrik di Garoet ini merupakan pabrik Dr. Dralle pertama yang didirikan di luar Eropa.

N.V. Parfumerieën- en Toiletzeepfabriek Georg Dralle’ Garoet ini sayangnya membuat awal yang salah: pada tahun 1923 Direktur Hibbeler tertangkap akibat secara sembunyi-sembunyi memproduksi etil alkohol untuk kepentingan produksi parfum dan lotion. Hibbeler akhirnya dihukum pada tahun 1925 dengan hukuman denda sebesar 350.000 gulden. ‘N.V. Parfumerieën- en Toiletzeepfabriek Georg Dralle’ juga tidak mendapat order dari pemerintah Hindia Belanda selama 2 tahun. Kasus ini banyak mendapat liputan media saat itu.

Pada tahun 1927 pabrik di Garoet ini ditutup dan dipindahkan ke kota pelabuhan yang jauh lebih strategis, Soerabaja. Mulai tahun 1933, ‘N.V. Parfumerieën- en Toiletzeepfabriek Georg Dralle’ dipimpin oleh Georg Reinhard Dralle sampai tahun 1940.

Pabrik Dralle di Soerabaia, 1931 (Sumber: Tropenmuseum)

Pabrik Dralle di Soerabaja, 1931 (Sumber: Tropenmuseum)

Tak lama kemudian, pada bulan November 1941 grup perusahaan Unilever mengambil alih pabrik Dr. Dralle di Soerabaja ini. Setelah ganti kepemilikan, ‘N.V. Parfumerieën- en Toiletzeepfabriek Georg Dralle’ kemudian berganti nama menjadi ‘Maatschapitjer Exploitate der Colibri Fabrieken N.V’.

Dimanakah persisnya lokasi pabrik Dr. Dralle ini berdiri di Garoet saat itu? Pabrik ini berdiri di lokasi yang kemudian digunakan oleh pabrik tenun Preanger Bondweverij (Pabrik Tenun Priangan) Garoet, atau Mall Garut di Jalan Guntur sekarang. Saat pabrik Dr. Dralle pindah ke Soerabaja, bekas pabrik Dr. Dralle di Garoet ini pada tahun 1932 dibeli oleh grup Internatio, pemilik Preanger Bondweverij (tentang Preanger Bontweverij ini lihat dalam Empat Kisah dari Jaman Kejayaan Pabrik Tenun Garut). Pengambilalihan ini diberitakan, misalnya, dalam koran De Sumatra Post tanggal 26 November 1932.

De Sumatra Post, 26 November 1932.

De Sumatra Post, 26 November 1932.

***

Begitulah, sebuah perusahaan kosmetik besar dengan produknya yang melegenda, Dr. Dralle, pernah berdiri di Garoet. Catatan sederhana ini sekedar mengingatkan saja keberadaan pabrik itu di masa laloe. Jadi, kalau rambut anda rontok atau banyak ketombe, ingat saja Garoet: Dr. Dralle pernah bikin shampoo di sini.

[M.S]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s