Pernikahan Putra Bupati Limbangan (Garoet) Tahun 1913

Beginilah prosesi pernikahan ala menak Sunda di masa lalu, sebagaimana terekam dalam video upacara dan perayaan pernikahan putra Bupati Limbangan (Garoet) dan putri Bupati Ciamis. Pernikahan tersebut berlangsung pada tahun 1913.

Judul aslinya Huwelijksfeesten te Tjiamis (Perayaan Pernikahan di Ciamis). Video berdurasi 18 menitan ini merupakan dokumentasi yang dibuat oleh Koloniaal Instituut, Amsterdam.

Tidak ada keterangan siapa nama bupati-bupati itu serta siapa nama mempelainya. Tapi, jika menilik pada susunan bupati Limbangan/Garut dan Ciamis, pada tahun 1913 diketahui bupati yang memerintah di Kabupaten Limbangan/Garut adalah Raden Adipati Wiratanudatar VIII (1871-1915). Sementara, Bupati Ciamis saat itu adalah Raden Adipati Aria Kusumasubrata (1886-1914).

Raden Adipati Wiratanudatar VIII adalah bupati terakhir Kabupaten Limbangan, yang pada tanggal 7 Mei 1913 diubah namanya menjadi Kabupaten Garut. Ia menjabat sebagai Bupati terakhir Kabupaten Limbangan dari 1871-1913, dan sebagai Bupati pertama Kabupaten Garut dari 1913-1915.

RAA Wiratanudatar VIII dan keluarga

RAA Wiratanudatar VIII dan keluarga

Kembali ke Huwelijksfeesten te Tjiamis. Rekaman video ini dibagi dua bagian yang masing-masing bagian berdurasi kurang lebih 9 menitan. Ini film bisu. Untuk membantu penonton, maka dimunculkan tulisan pembuka sebagai narasi dari gambar yang akan ditayangkan.

Silakan saksikan di link ini:

http://www.indonesianfilmcenter.com/pages/archive/watch.arcv.php?v=5975

[M.S]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s